Jelang Sail Komodo, Lembata Adakan Pembersihan Pantai Waijarang

Tampak para pelaku aksi sosial sedang membersihkan semak di pinggiran jalan menuju pantai

Pergelaran akbar Sail Komodo 2013 tinggal hitungan hari, kabupaten Lembata sebagai salah satu lokasi destinasi wisatawan domestik dan mancanegara pada ajang tersebut, makin giat mempersiapkan diri. Salah satunya dengan mengadakan kerja bakti pembersihan lingkungan pantai Waijarang, pada hari jumat (07/06/2013) lalu.

 

Aksi sosial tersebut langsung dipimpin oleh Bupati Lembata, Eliaser Yentje Sunur, dan Wakil Bupati Lembata, Viktor Mado Watun, serta dihadiri oleh segenap PNS dan Karyawan lingkungan instansi pemerintah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Lembata, Masyarakat desa Waijarang dan juga berpartisipasi para Sarjana Medidik di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM-3T) asal Aceh penempatan kabupaten Lembata.

Aksi tersebut sendiri dimulai pada pukul 07.00 Wita dan selesai pada pukul 11.00 Wita. Fokus pembersihan adalah lokasi wisata pantai Waijarang dan akses jalan menuju lokasi wisata yang terkenal dengan pasirnya yang putih tersebut. Segala jenis sampah dan semak belukar di sekitar lokasi tak ada yang luput dari perhatian pelaku aksi sosial.


Sail komodo 2013 sebagai momentum memajukan wisata bahari menjadi destinasi wisata dunia, akan berlangsung pada 29 Juli-14 September 2013. Start di Kota Kupang sebagai pintu masuk, menyinggahi seluruh daerah di NTT yang terbagi dalam dua rute (A dan B), dan berakhir di Manggarai Barat di mana tempat Komodo berada. Kabupaten Lembata sendiri berada dalam rute A, yang akan disinggahi para wisatawan pada 16-19 Agustus 2013.

Untuk makin memeriahkan Sail Komodo 2013 yang akan menyinggahi Lembata, Kapubaten Lembata mengadakan Rally Wisata Bahari Lembata 2013. Acara yang akan diselenggarakan pada tanggal 14-18 Agustus bertujuan mempromosikan potensi wisata Lembata kepada dunia. Kabupaten yang terkenal dengan tradisi perburuan paus tersebut, ingin semakin menancapkan kukunya dalam industri wisata khususnya wisata bahari. Para wisatawan nanti diajak berkeliling Lembata mengunjungi tempat-tempat wisata bahari unggulan Lembata serta parade budaya dan kuliner khas Lembata.
pantai waijarang

Salah satu destinasi wisata pada kedua ajang tersebut adalah lokasi kerja bakti berlangsung, yakni pantai Waijarang. Panorama alam dengan hamparan pasir putih di sepanjang pantai. Keindahan panorama pantai juga didukung dengan pemandangan bukit yang indah dan selat Boleng.

Pantai ini terletak di bagian barat kota Lewoleba tepatnya di desa Waijarang. Dari Lewoleba dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat selama kurang lebih 20 menit. Letaknya yang strategis menjadikan pantai Waijarang menjadi salah satu unggulan.

Aksi sosial tadi bisa memupuk jiwa masyarakat Lembata menjadi masyarakat sadar wisata. Pariwisata bisa menjadi pendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Lembata, seperti banyak daerah di kawasan Indonesia timur lainnya. Semakin menunjukkan yang bisa "dijual" dari Lembata adalah parawisatanya, bukan soal politik.

*****

Rizki Zulfitri, S.Pd

Tidak ada komentar on "Jelang Sail Komodo, Lembata Adakan Pembersihan Pantai Waijarang"

Leave a Reply