Gairah Sepak Bola di Lembata

Tim Persebata Lembata
Jangan bayangkan Stadion megah, lapangan sepakbola yang baik saja kami tidak punya. Jangan bayangkan punya klub sepakbola profesional yang mengikuti kompetisi kasta tinggi tanah air, mengikuti divisi kasta terendah kami kadang tidak mampu. Jangan bayangkan akademi-akademi sepakbola kelas internasional, Sekolah Sepakbola (SSB) tradisional kami saja tidak punya.

Di sini di kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Seperti pada umumnya di belahan bumi lain, sepakbola adalah olahraga paling populer di Lembata. Dari anak-anak sampai dengan opa-opa semua mengaku suka sepakbola, dari cuma jadi penonton, yang hobi bermain sampai dengan atlet-atlet amatir.

Gairah sepakbola yang tinggi tidak diimbangi dengan keadaan kesejahteraan masyarakat yang sangat memprihatinkan. Bagaimana mungkin pemerintah kabupaten berencana membangun stadion sedangkan untuk listrik saja masyarakat belum semua merasakannya. Bagaimana mungkin pemerintah kabupaten mengganggarkan dana untuk klub Persebata Lembata mengikuti kompetisi tingkat nasional sedangkan kondisi jalan-jalan utama di Lembata sangat parah dan perlu perbaikan secepatnya.


Sebenarnya bila kita amati potensi pemain-pemain muda di Lembata sangat lumayan. Sebagian dari anda mungkin banyak yang belum mengetahui keberadaan dua turnamen sepak bola di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yaitu El Tari Memorial Cup (ETMC) dan Piala Gubernur NTT. Hasil piala Gubernur tahun 2012 Persebata Lembata kalah difinal 4-2 melalui adu tendangan penalti dalam babak final melawan Perse Ende di Stadion Oepoi, Kota kupang (Minggu, 9 September 2012)

Bisa dikatakan potensi Lembata adalah salah satu yang terbaik di NTT. Sayangnya potensi-potensi tersebut belum terasah dengan baik. Kebanyakan dari mereka bisa bermain bola dengan bakat alam tanpa dilatih oleh pelatih yang kompeten dan tanpa fasilitas-fasilitas penunjang layaknya di kota besar. Sumber daya pelatih juga sangat memprihatinkan, di tambah jarangnya kompetisi tingkat lokal yang membuat motivasi pemain-pemain muda untuk berlatih sangat minim.



Sebagai seorang pendatang yang baik, tentu penulis ingin memberikan sumbangsih yang berguna untuk kemajuan sepakbola di Lembata khususnya di lingkungan tempat tugas. Siswa-siswa di SMPN 2 Nagawutung punya potensi untuk berkembang dibidang sepakbola, walaupun cuma bagian dari ekstrakurikuler sekolah program pembentukan tim SMPN 2 Nagawutung bisa menjadi bentuk SSB mini yang akan mengasah talenta-talenta yang terlantar.

Pengalaman sebagai pemain, pelatih tim sekolah dan pelatih SSB di Banda Aceh bisa sangat membantu, ditambah dengan kurikulum sepakbola Indonesia dan video-video kepelatihan yang penulis unduh di internet dapat menjadi referensi. Masalah sekarang terletak pada sarana dan prasarana pendukung, ini memang tidak bisa dihindari. Dalam pembelajaran penjas ketersediaan alat mungkin bisa dengan memodifikasi alat tapi didalam melatih sepakbola alat mutlak harus ada bila mengharapkan hasil yang maksimal.

Moga niat mulia ini berjalan dengan lancar, dan tujuan yang dicapai hasilnya menggembirakan. 
Amin

*****

Lembata, 9 Februari 2013

~ Rizki Zulfitri, S.Pd
(Guru Penjaskes, Pemerhati Sepakbola Muda)

1 komentar on "Gairah Sepak Bola di Lembata"

  1. BISA DEPOSIT PAKAI GOPAY

    CemePoker yakni kantor cabang Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan bermacam macam tidak sedikit game bersama 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan juga sebagai kantor cabang judi poker dengan rating win tertinggi.
    poker online menjamin 100% keamanan para membernya masih pemain Poker saya dijamin 100% Player VS Player.
    jangan sampai serampangan nantikan imbalan merenggut tiap-tiap bulannya dan pemberian referal segenerasi pandangan hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo main hari ini di cemepoker.biz

    BalasHapus