Stand Up Comedy Buat Anda Pencinta Lawakan Cerdas

Akhir-akhir ini tayangan TV Indonesia diramaikan dengan program acara komedi garing, menampilkan artis-artis yang sebenarnya tidak lucu tapi dipaksakan untuk melucu. Program komedi sekarang konsepnya lebih kepada meniru kesuksesan Opera Van Java (OVJ), kostum warna-warni mencolok, setting yang bisa di rusak-rusak dan joke-joke yang sudah basi.

Ini cuma masalah selera masing-masing, saya pribadi lebih menyukai program komedi cerdas namun ringan. Bak "oase", lahirlah program Stand Up Comedy Show atau acara komedi tunggal di stasiun Metro TV pada September 2011. Stand-up Comedy Show begitu stabil tayang sampai dengan sekarang, bahkan kini tampil 2 kali setiap minggunya. Bukti acara komedi ini di terima dengan baik oleh masyarakat.

Sebenarnya apa itu stand-up comedy? dikutip dari situs wikipedia, stand-up comedy (lawakan tunggal atau komedi tunggal), adalah salah satu genre profesi melawak yang pelawaknya membawakan lawakannya di atas panggung seorang diri, biasanya di depan pemirsa langsung, dengan cara bermonolog mengenai sesuatu topik. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut pelawak tunggal (stand-up comedian), comic, atau komik berdiri (komik tunggal).


Sebagai lawakan cerdas, stand-up comedy bisa menjadi alternatif dalam menikmati hiburan itu sendiri. Mendapat sajian lucu, tapi juga mendidik. sarat dengan kritik sosial serta membahas kejadian yang terjadi dilingkungan kita sehari-hari.

Memang stand-up comedy lahir dari negara-negara barat, sebagaimana kita tahu orang barat begitu bebas dalam menyampaikan pendapatnya. Tentunya adanya sistem filter dalam menerima stand up ke tengah-tengah masyarakat Indonesia. seorang comic harus bisa memilah mana yang baik dan mana yang tidak di dalam stand-up nya.

Berikut penulis akan menampilkan siapa-siapa comic Indonesia yang menjadi favorit penulis;

1. Cak Lontong


Pria berpostur tinggi besar ini terkenal dengan joke-joke nya yang di biasa ambil dari materi-materi dengan judul yang ringan.

2. Abdel

 
Lebih dikenal saat berpasangan dengan Temon dalam satu acara sketsa komedi di televisi, penyiar radio ini juga terkenal dengan lawakannya yang cerdas.

3. Soleh Solihun


tujuh tahun jadi wartawan, sekarang jadi penyiar INDIKA9160FM juga penulis buku, MC, dan stand up comedian

4. Setiawan Tiada Tara


Seorang yang mengaku bergelar M.Hum alias motivator humor, terkenal dengan plesetannya yang lucu

5. Mongol


Pakar KW matika ini tak usah ditanya lagi .Dia Sudah pasti terkenal dengan lawakannya yang bertemakan KW alias Banci.

***

Lembata, 19 Januari 2013
Rizki Zulfitri, S.Pd.

Tidak ada komentar on "Stand Up Comedy Buat Anda Pencinta Lawakan Cerdas"

Leave a Reply